Ada 6, 9 Juta Pengangguran, Jokowi Genjot Padat Karya

Ada 6, 9 Juta Pengangguran, Jokowi Genjot Padat Karya

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Jokowi menegaskan bahwa UU Omnibus Law Cipta Kerja salah satunya untuk menciptkan lapangan kerja. Apalagi Indonesia sedang menghadapi pandemi coovid-19 yang menambah jumlah pengangguran.

“Apalagi pada tengah pandemi, ada 6, 9 juta pengangguran dan 3, 5 juta pekerja terdampak pandemi, ” kata Jokowi dalam konperensi pers virtual di Istana Bogor, Jumat (9/10).

Ia mengutarakan sektor yang akan banyak menopang penambahan lapangan kerja antara asing padat karya. Untuk itu, sektor padat karya mendapat penyesuaian buat lebih banyak menyerap tenaga kerja.


“Dan sebanyak 87% dari total penduduk pekerja memiliki tingkat penduduk setingkat SMA ke bawah di mana 39 komisi pendidikan sekolah dasar, sehingga menetapkan mendorong penciptaan lapangan kerja hangat khususnya di sektor padat karya, ” kata Jokowi.

Berdasarkan draf UU Cipta Kerja (Cipta Kerja) dengan diperoleh CNBC Nusantara sektor padat susunan memang dapat kemudahan. Misalnya dalam penetapan upah minimum, gubernur menetapkan upah minimum (UMP). Namun, ada sektor usaha yang dikecualikan di penetapan UMP yaitu sektor penuh karya.

Sektor padat karya umumnya menyerap banyak gaya kerja, seperti industri tekstil tenggat alas kaki dan lainnya. Sektor-sektor ini memiliki penetapan UMP tersisih berbeda dari sektor lainnya. Naganaganya bila sudah diimplementasikan, UMP di sektor padat karya lebih ‘ramah’ dengan kantong pengusaha. Hal itu tampak jelas dalam pasal di dalam UU ini.

“Pasal 88E (1) Untuk menjaga keberlangsungan usaha dan memberikan perlindungan kepada pekerja/buruh industri padat karya, pada industri padat karya ditetapkan upah minimum tersendiri. (2) Upah kecil pada industri padat karya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib ditetapkan oleh Gubernur”

Diatur juga bahwa upah kecil pada industri padat karya dihitung dengan menggunakan formula tertentu. Namun, ketentuan lebih lanjut mengenai risiko minimum industri padat karya serta formula tertentu diatur dalam Susunan Pemerintah.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)