Ancaman Lebih Seram dari Covid-19, RI Ternyata Paling Rentan!

Jakarta, CNBC Indonesia – Dunia ternyata memiliki ancaman yang lebih menyeramkan dari pada pandemi Covid-19 yaitu perubahan iklim. Indonesia ternyata menjadi negara yang paling rentan.

Perubahan iklim dapat meningkatkan bencana hidrometeorologi yang saat ini mencapai 80% dari total bencana yang ada di dalam negeri.


“Kita memiliki agenda global luar biasa yang namanya perubahan iklim. Bulan November akan melakukan konferensi internasional lagi dan ini adalah bentuk dari yang kita selalu katakan sebagai Indonesia akan melakukan hal ini. Dan ini juga bagian dari diskusi kita yang sangat-sangat mendalam, bagaimana Indonesia menangani ini,” ujarnya dalam seminar Bank Permata, Jumat (17/9/2021).

Ia menyebutkan, bahkan potensi kerugian ekonomi akibat perubahan iklim di Indonesia bisa mencapai 0,66%-3,45% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2030 jika tak segera ditangani.

“Komitmen-komitmen kita, potensi-potensi kerugian kita selalu kita pantau dengan potensi yang bisa kita lakukan. Agenda perubahan iklim kita lakukan. Kita akan ikuti gerak internasional,” jelasnya.

Selain itu, risiko lainnya yang akan dihadapi akibat perubahan cuaca yang tidak ditangani dengan tepat adalah kelangkaan air bersih, kerusakan ekosistem alam dan lautan.

Juga risiko terjadinya penurunan kualitas kesehatan masyarakat hingga kelangkaan pangan. Ini adalah risiko yang mengerikan akibat perubahan iklim jika tidak dilakukan mitigasi sejak dini.

Oleh karenanya, saat ini agenda perubahan iklim Indonesia menjadi salah satu fokus yang dijabarkan Pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

[Gambas:Video CNBC]
(mij/mij)