Anies Ajak Masyarakat Doakan Pengikut Kapal KRI Nanggala 402

Jakarta, CNBC Indonesia – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak masyarakat Indonesia untuk memanjatkan ciri kepada seluruh awak KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam di Perairan Mengetengahkan Bali.

Dalam unggahan di akun Instagramnya itu, Anies juga meminta agar keluarga para jasmani KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali itu diberikan ketabahan di menghadapi musibah ini.

“Mari kita langsung memanjatkan doa terbaik buat seluruh awak KRI 402, dan semoga keluarga mereka diberi kekuatan agar bisa melewati keadaan ini secara tegar, ” kata Anies Baswedan, Minggu (25/4/2021).


[Gambas:Instagram]

Bekas Mendikbud  itu mengunggah sebuah foto dengan latar kecil hitam dan tulisan 402. Ia juga mengatakan, di dalam beberapa waktu terakhir ini, masyarakat Indonesia mengikuti upaya pencarian KRI 402 Nanggala dengan penuh pengharapan.

“Wira Ananta Rudira, ” kata Anies, mengambil semboyan Korps Kapal Menghunjam Republik Indonesia yang berarti, tabah sampai akhir.

Pesawat selam KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak sejak Rabu (21/4) dan sampai dengan hari ini, Minggu (25/4) kapal perang klasik tersebut belum ditemukan.

TNI telah menetapkan KRI Nanggala-402 dengan status subsunk atau tenggelam, usai ditemukan beberapa serpihan barang KRI Nanggala.

Beberapa bukti otentik yang terlihat adalah tabung torpedo, tabung air minum, hingga instrumen salat di sekitar radius 10 kilometer dari bintik pencarian. Namun operasi penyelamatan tetap dilanjutkan dengan tumpuan militer Amerika Serikat (AS).

Menurut Besar Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Nanggala 402 diperkirakan berada di kedalaman 700 hingga 850 meter pada bawah permukaan laut di perairan Bali. Namun serupa itu, TNI belum bisa meyakinkan keadaan puluhan awak kapal selam tersebut.

[Gambas:Video CNBC]
(tas/tas)