Bekas Prajurit Kapal Selam Kata Kemampuan Selam KRI Nanggala

Jakarta, CNBC Indonesia – Penyebab tenggelamnya kapal selam Nanggala-402 masih menjadi misteri. Tragedi yang menyusun 53 prajurit terbaik tersebut gugur masih menjadi keterangan tanya.

Pada sisi lain, informasi yang berada di kapal menghunjam sebagian besar bersifat rahasia, karena terkait kemampuan atau spesifikasi tidak bisa diketahui publik. Pasalnya, jika terlalu terbuka maka negara lain akan mudah mengetahuinya, tercatat dalam kemampuan batas suntuk penyelaman.

“Kapal selam itu pasti tersedia batas kemampuan menyelam, akan tetapi saya nggak bisa memberikan karena rahasia dan masukan itu sangat-sangat rahasia, ” kata Eks Kepala Daerah Mesin KRI Nanggala-402 Laksamana Muda (Purn) Frans Wuwung dalam Profit CNBC Indonesia , Selasa (27/4/21).


Kebijakan confidential atau kerahasiaan kapal menyelundup memang seakan menjadi spion setiap negara, karena erat kaitannya dengan kemampuan alutsista.   Frans tidak mampu menyampaikan mengenai kemampuan kedalaman maksimal yang bisa dicapai kapal selam ini.

Sebagai prajurit yang dulunya berlayar menggunakan kapal selam Nanggala-402, ia mengaku tidak pernah menyelam meninggalkan batas maksimum kemampuan pesawat. Bahkan, untuk mendekati batas kemampuan maksimum pun sebisa mungkin dihindari.

“Alasannya karena bukan spion lagi, kita menyelam 100 meter saja untuk pengikut sudah terhindar pengaruh aliran. Kemudian terhindar dari deteksi helikopter, jadi itu selalu kita selam di kedalaman aman tapi bukan berati kedalaman melewati batas keahlian, ” sebutnya.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)