Berisik, India Mau Ganti Suara Klakson Jadi Suara Seruling

Jakarta, CNBC Indonesia – Mungkin sebagian dari kita ada yang terganggu dengan beberapa suara klakson. Hal yang sama juga terjadi di India, untuk mengatasi hal itu akan ada aturan khusus soal klakson kendaraan itu.

Pemerintah setempat saat ini sedang menggodok aturan tersebut. Menteri Transportasi, Nitin Gadkari mengatakan aturan tersebut untuk membuat suara lebih menenangkan.

Kemungkinan dengan aturan itu, produsen kendaraan akan diarahkan untuk menggunakan jenis klakson yang tepat. Termasuk menggunakan suara alat musik India.


Gadkari menceritakan punya pengalaman dengan klakson yang mengganggu itu. Dia yang tinggal di lantai 11, bahkan dapat mendengar bunyi klakson setiap paginya.

“Saya tinggal di lantai 11 di Nagpur. Saya melakukan pranayama selama satu jam tiap pagi. Namun klakson mengganggu keheningan pagi,” jelasnya, dikutip dari Money Control, Senin (6/9/2021).

Dia menambahkan setelah masalah itu pihaknya berpikir klakson harusnya berasal dari alat-alat musik dan instrumen India.

“Setelah masalah ini, muncul di benak saya bahwa klakson harus dalam posisi yang benar. Kami mulai berpikir suara klakson seharusnya instrumen India dan sedang mengerjakannya. Suara seperti tabla, perkusi, biola, terompet, seruling harus didengar dari klakson,” ungkapnya.

Dia menambahkan undang-undang soal klakson itu segera disahkan. Serta menambahkan aturan juga berlaku untuk pembuat mobil.

“Sejumlah aturan akan berlaku untuk pembuat mobil. Karena saat kendaraan diproduksi, itu akan memiliki jenis klakson yang benar,” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)