Corona Gawat, Jadwal SEA Games 2021 Resmi Ditunda

Jakarta, CNBC Indonesia – Pesta olahraga SEA Games di Vietnam gagal dilakukan tahun ini. Hal ini terungkap dari hasil dari pertemuan komite pada 8 Juli 2021.

“SEA Games tidak akan dihelat pada tahun ini, Dewan Olimpiade Nasional Vietnam akan mencari tanggal lain yang sesuai,” tulis Statement Dewan Olimpiade Nasional Singapura, Melansir Strait Times, Kamis (8/7/2021),

Sebelumnya ada spekulasi SEA Games tahun ini akan dijadwalkan ulang oleh Dewan Olimpiade Vietnam. Hal ini karena kekhawatiran soal kesiapan Vietnam menjadi tuan rumah karena masih berjuang melawan lonjakan Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir. Peningkatan kasus Covid di Vietnam meningkat 10 kali lipat sejak Maret lalu hingga mencapai 23.000 kasus.


Publikasi berita Vietnam Phap Luat Online melaporkan bahwa komite Olimpiade Vietnam juga telah mengirim surat kepada pihak terkait di daerah yang mengusulkan penundaan penyelenggaraan SEA Games tahun ini hingga Juli 2022. Hal ini karena situasi pandemi yang makin rumit.

Namun, ESPN melaporkan bahwa mayoritas komite Olimpiade nasional, termasuk Singapura menentang proposal perpindahan pada Juli 2022.

Bulan Juli itu bermasalah bagi negara Singapura dan Malaysia karena ada Commonwealth Games di Birmingham pada 28 Juli – 8 Agustus. Serta acara olahraga lainnya termasuk Olimpiade musim dingin di Beijing pada Februari, dan Asian Games di Hangzhou di September 2022.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)