Doni Klaim Daerah yang Pilkada Natural Penurunan Kasus Covid-19

Doni Klaim Daerah yang Pilkada Natural Penurunan Kasus Covid-19

Jakarta, CNBC  Indonesia – Ketua Satuan Tugas Penanganan  Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan tren zonasi risiko lembut, sedang, dan tinggi di daerah-daerah yang akan menyelenggarakan pilkada membuktikan keunikan.

Daerah dengan akan melaksanakan pilkada mengalami penurunan kasus, sementara daerah yang tidak melaksanakan justru meningkat.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Gangguan (BNPB) ini menegaskan kuncinya dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan.


“Ini bukan kesimpulan akan tetapi sangat mungkin karena faktor disiplin. Ada atau tidak ada pilkada kalau disiplin menerapkan protokol kesehatan tubuh pasti kasus Covid-19 bisa dikurangi, ” jelas Doni dalam talkshow khusus “Media Bertanya, Doni Monardo Menjawab” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Jumat (9/10) burit.

Doni mencontohkan Provinsi Sulawesi Utara yang semula zona merah atau efek tinggi berubah rendah (oranye). Ada juga daerah tanpa pilkada malah mengalami peningkatan.

“Aceh tak ada pilkada tapi tinggi, ” kata Doni yang mutakhir saja kembali dari tugas di Papua dan Bali.

Doni juga menambahkan jangan sekali-kali meremehkan Covid-19 karena sudah bertambah dari 36 juta orang tertular di seluruh dunia. Dia juga meminta setiap orang untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

“Disiplin 3M itu tak sebanding dengan perjuangan dokter dan tenaga kesehatan dalam merawat pasien Covid-19, ” ujar Doni.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)