Hasrat Jokowi: Suntik 1 Juta Vaksin Covid-19 Per Hari di Juni

Jakarta, CNBC Nusantara – Pemerintah menargetkan bisa menyuntikkan vaksin  Covid-19 sebanyak satu juta per hari pada Juni 2021 mendatang seiring dengan mulai pulihnya ketersediaan stok vaksin.

Peristiwa tersebut dikemukakan Menteri Kesehatan tubuh Budi Gunadii Sadikin usai rapat terbatas bersama Kepala Joko Widodo (Jokowi) dalam Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/5/2021).

“Kalau bisa kita coba menyentuh satu juta [per hari] di Juni, ” kata Budi Gunadi Sadikin.


Sifat mengemukakan sejauh ini total penduduk yang sudah memperoleh vaksinasi sebanyak 22 juta orang. Adapun jumlah dosis vaksin yang disuntikkan mematok saat ini baru mencapai 500. 000 vaksin secara maksimal.

“Karena memang stoknya, suplai terbatas. Tapi Alhamdulillah dengan bantuan kementerian, bungkus Airlangga, juga banyak tunjang pak presiden, sehingga simpanan kita akan naik lagi di bulan Mei itu, ” katanya.

Eks Wakil Menteri BUMN itu berpesan kepada segenap aparat daerah untuk lekas kembali menggencarkan vaksinasi, seiring dengan bertambahnya stok vaksin di dalam negeri.

“Karena kapasitas vaksinnya kita sekarang sudah lulus, ” jelasnya.

Pemerintah juga memastikan hendak memberikan dosis vaksin bunga khusus di wilayah DKI Jakarta, Bali dan Yogyakarta. Ketiga daerah ini, logat dia, sudah hampir menyelesaikan vaksinasi khusus masyarakat sendat usia.

“Jadi saya terima kasih ke provinsi Bali, DKI Jakarta & Yogyakarta yang relatif sudah tinggi suntikan lansianya jadi mereka secara bertahap sudah mulai dibuka untuk suntikan golongan masyarakat umumnya, ” katanya.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi dorongan untuk provinsi-provinsi lain segera suntik lansianya segera segera selesai karena semakin lekas selesai kita makin bertambah cepat untuk membuka vaksinasi ini kepada masyarakat ijmal, ” katanya.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)