Inden Beli Mobil Baru Mengular, Diskon Pajak 0% Sedang Dapat?

Jakarta, CNBC  Indonesia –  Agen pemegang tanda mengakui bahwa pemesanan mobil baru sedang tinggi kelanjutan insentif pajak sehingga membuat inden sampai bulanan.

Di sisi lain, relaksasi PPnBM 0% mobil baru untuk mesin satu. 500 cc ke kolong yang berlaku sejak Maret 2021 akan berakhir pada Mei 2021 nanti. Apakah masih ada kesempatan mendapatkan PPnBM 0% di sedang antrean panjang mobil mutakhir?

“Iya sedang ada beberapa inden, ” kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy  dikutip dari  detikcom,   Rabu (19/5/2021).


Anton mengatakan, masa tunggu ataupun inden dari pemesanan datang distribusi ke konsumen berbeda-beda tiap modelnya. Ia mengutarakan konsumen ada yang menunggui satu bulan bahkan lebih.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy juga mengatakan, periode inden tergantung model, jenis dan warna mobil yang dipesan.

“Ada yang masih menunggu selalu, namun sebagian besar telah di-delivery-kan ke konsumen buat SPK Maret dan April, ” kata Billy.

Konsumen yang mengambil mobil Honda pada bulan Mei, yang menjadi bulan terakhir penerapan PPnBM 0%, harus menunggu sampai Juli. Sehingga bagi yang mengambil mobil saat ini belum tentu dapat harga dengan PPnBM 0%.  

“Dengan adanya relaksasi PPnBM memang membuat pasar bergairah kembali ya. Semenjak awal Mei lalu buat konsumen yang melakukan SPK, beberapa model, tipe & warna kami memang sudah inden sampai Juni & Juli ya. Trend SPK sedang kami monitor closely, memang ada penurunan sebab ada libur Lebaran minggu lalu ya, ” ujar Billy.

Relaksasi PPnBM telah dimulai pada 1 Maret khusus untuk mobil-mobil bermesin di lembah 1. 500 cc secara local purchase komponen setidaknya 70%. Pada tahap satu, yakni Maret – Mei 2021, pemerintah memotong kesibukan membayar PPnBM sampai 100% alias PPnBM 0%. Pada tahap 2 (Juni kepala September 2021) potongan 50%, dan tahap 3 (Oktober – Desember 2021) potongannya 25%.

Lalu pemerintah sudah memperluas relaksasi PPnBM untuk mobil-mobil 1. 501 – 2. 500 cc dengan local purchase minimal 60% mulai 1 April 2021.  

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)