Ini Kata Jasa Marga Perkara Viral Video Bayar Pungutan Tanpa Berhenti

Jakarta, CNBC Nusantara – PT Jasa Marga (Persero) Tbk  (JSMR) angkat bicara soal video yang viral dalam media sosial. Dimana terdapat beberapa video yang memperlihatkan pembayaran tol nir jamah dan tanpa perlu mobil berhenti.

Gambar kedua menunjukan pemasangan stiker RFID untuk pembayaran tol tanpa sentuh. Stiker yang dipasangkan pada sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport. Besar video yang beredar masing-masing berdurasi 20 detik & 1 menit 34 denyut.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan dua video itu tidak berhubungan. Sebab satu diantara video bukan beruang di wilayah tol yang dikelola Jasa Marga. Tatkala video tentang pemasangan etiket RFID itu terjadi di wilayah Jasa Marga Grup.


“Salah satu video kendaraan yang masuk dengan touchless transaction, mau konfirmasi kejadian tersebut tidak terjadi di daerah Jasa Marga, itu berlaku di Badan usaha tiang tol di luar Jasa Marga. Video satunya, dengan menggambarkan orang memberi penjelasan stiker RFID itu berlaku di wilayah lingkungan Kebaikan Marga Group, ” jelasnya dalam keterangan yang diterima, CNBC, Selasa (23/3/2021).

Dwimawan mengaku pengembangan teknologi tanpa sentuh sudah dilakukan sebelum agenda elektronifikasi pemerintah di 2017. Yaitu dengan single lane free flow with barrier yang dikenal dengan FLO yang saat ini juga masih dalan tahap uji coba. Dioperasikan sebab anak usaha PT Jasa Marga Tol Road Operator.

“Masih dalam tahapan uji coba terbatas, pengguna uji coba terbatas ini diluar pengguna privat dan pengguna eksternal sejak kalangan BUMN, juga beberapa kalangan komunitas otomotif buat bersama menguji sistem ini. Tidak komersial, ” sirih Dwimawan.

Dwimawan juga mengatakan dalam video tersebut sifatnya masih terpatok akhirnya keluar ke umum. Lalu implementasi tol nir sentuh ini merupakan daerah pemerintah. “Nanti pemerintah yang akan memutuskan implementasi di lapangan seperti apa, ” jelasnya.

Mengutip detikcom, uji coba FLO sendiri masih dilakukan pada 50 gerbang dalam buku Bali Mandara, Jagorawi, Lingkar Luar Jakarta (JORR), pungutan dalam kota, Jakarta – Tangerang, Jakarta – Cikampek.

[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)