Jam Hakim Pakai Bola, Djokovic Dikeluarkan dari US Open

Jam Hakim Pakai Bola, Djokovic Dikeluarkan dari US Open

Jakarta, CNBC Indonesia – Novac Djokovic didiskualifikasi dibanding AS Terbuka (US Open), Minggu (6/9/2020). Pasalnya, ia “menyerang” ketua garis dengan bola karena kegagalan selama pertandingan.

Petenis nomor satu dunia itu menodong maaf. Namun sayang ini tak bisa menyelamatkannya dari hukuman.

Kejadian bermula saat ia kehilangan kesabaran & tertinggal 6-5 saat set pertama dengan petenis Spanyol, Pablo Carreno Busta. Ia merupakan petenis non unggulan dalam laga di Arthur Ashe itu.

Masa Djokovic hendak melakukan servis, ia melihat bola ke arah asing seraya menarik bola dari sakunya dan memukul dengan keras. Sayangnya, pukulannya itu mengenai tenggorokan seorang hakim garis wanita, membuat aparat itu berteriak dan jatuh ke tanah.

Djokovic bergegas ke arahnya untuk memeriksa apakah dia baik-baik saja dan meletakkan tangannya di punggungnya saat perempuan tersebut terngah-engah, berjuang untuk bernapas. Setelah beberapa menit wanita itu bangkit dan berjalan keluar lapangan dengan wajah bingung.

Djokovic lalu terlihat berdiskusi secara wasit turnamen. Wasit kemudian menyatakan Carreno Busta menang secara default.


Dikutip AFP , Djokovic (33) yang pergi tampa bersalamatan dengan wasir mengunggah permintaan maaf kembali melalui Instagramnya. Ia berujar sangat menyesal.

“Seluruh situasi ini membuat saya betul sedih dan hampa, ” tulisya. “Saya sangat menyesal telah membuatnya stres. Sangat tidak disengaja. Betul salah. ”

Tetapi sayangnya, ia tak memberi dasar mengapa melakukan hal tersebut.

Sementara itu, Asosiasi Tenis Amerika Serikat mengatakan Djokovic batal dan melanggar aturan Grand Slam. Ia disebut dengan sengaja mengambil bola secara sembrono dan kritis serta melakukan pengabaian pada konsekuensinya.

Badan tersebut memasukkan bahwa Djokovic akan kehilangan seluruh poin peringkat dan hadiah kekayaan dari turnamen. Bintang Serbia itu sebelumnya mengejar gelar Grand Slam ke-18 di Pusat Tenis Nasional AS Billie Jean King.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)