Kabar Terbaru: PPKM Bakal Diperpanjang, Tapi Ada Relaksasi?

Jakarta, CNBC Indonesia – Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 akan berakhir hari ini, Senin (23/8/2021). Kemungkinan besar, PPKM akan kembali diperpanjang.

Sumber CNBC Indonesia di lingkaran pemerintahan mengatakan PPKM akan kembali dilanjutkan dalam satu minggu ke depan. Namun, kali ini dengan sejumlah pelonggaran.

“PPKM lanjut dengan sejumlah relaksasi,” kata sumber tersebut kepada CNBC Indonesia, Senin (23/8/2021).


Tidak diketahui secara pasti relaksasi seperti apa yang akan diberlakukan dalam PPKM lanjutan kali ini. Namun, pemerintah memang sudah mulai melakukan relaksasi kebijakan pada saat memperpanjang PPKM minggu lalu.

Misalnya, seperti pelonggaran kapasitas pengunjung mal sampai 50% dan memperbolehkan restoran untuk makan di tempat dengan kapasitas 25%. Padahal aturan sebelumnya justru memperketat aturan terkait hal tersebut.

Selain itu, pemerintah juga melakukan uji coba protokol kesehatan untuk perusahaan orientasi ekspor dan orientasi domestik yang ditentukan oleh Kementerian Perindustrian.

Artinya, perusahaan yang sebelumnya menerapkan 50% pegawainya work from home (WFH) kini sudah bisa 100% work from office (WFO) dengan syarat yang cukup ketat sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 34/2021.

Selain itu, pemerintah juga meningkatkan kapasitas tempat ibadah menjadi 50% dari sebelumnya hanya 25%. Aturan makan dan minum di warung makan atau warteg juga diperpanjang 30 menit dari sebelumnya 20 menit.

Lantas, seperti apa relaksasi yang akan diberikan pemerintah kali ini? Kita tunggu saja…

[Gambas:Video CNBC]
(cha/cha)