Lulus! Senat AS Sahkan Bagian Stimulus Biden Rp 27. 335 Triliun

Jakarta, CNBC Indonesia – Senat  Amerika Serikat (AS) meluluskan paket stimulus penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi senilai US$ 1, 9 triliun (setara Rp 27. 335 triliun dengan kurs Rp 14. 386/US$) yang diusulkan pemerintahan Presiden Joe Biden, Sabtu (6/3/2021) waktu setempat. Demikian laporan CNBC International seperti dikutip Minggu (7/3/2021).

Hasil pemungutan suara atas paket stimulus itu menunjukkan hasil 50-49, sebuah hasil dramatis mengingat Partai Republik mempertanyakan pengembangan paket tersebut.

Setelah ini, Kongres yang dikuasai Partai Demokrat hendak mengesahkan paket itu bagi Selasa (9/3/2021) waktu setempat. Setelah itu, pengesahan mau dikirimkan kepada Biden untuk ditandatangani sebelum batas zaman 14 Maret 2021 perlu memperbarui program bantuan sebelumnya.

Sebagai gambaran, beleid itu meliputi bantuan langsung kepada masyarakat hingga US$ satu. 400 (setara Rp 20, 1 juta), bantuan pengangguran senilai US% 300 (setara Rp 4, 3 juta), dan perluasan child tax kepada anak-anak selama utama tahun. Paket itu selalu berisi pendanaan distribusi serta pengujian vaksin Covid-19, bantuan ongkos sewa untuk keluarga yang kesulitan, dan biaya pembukaan sekolah tatap muka.

Persetujuan Senat menunjukkan inisiatif legislatif prima Biden mendekati hasil. Di kala Partai Demokrat dan beberapa ekonom mengkritik bagian lingkup paket, Demokrat menyatakan diperlukan tindakan tegas perlu percepatan pemulihan ekonomi.

“Kami akan menyudahi wabah mengerikan ini dan kami akan melakukan kunjungan lagi dan mengirim anak-anak kami ke sekolah. Tugas kita sekarang adalah membantu negara kita beralih sebab masa sekarang yang penuh badai ke masa pendahuluan yang penuh harapan, ” ujar pemimpin mayoritas kongres Chuck Schumer.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)