Malaysia Darurat Corona! Kasus Harian Rekor Lagi, Tembus 6800

Jakarta, CNBC Indonesia –  Malaysia kembali mengadukan lonjakan pada kasus Covid-19 harian. Kamis (20/5/2021), Jati Jiran mencatat ada enam. 806 kasus baru pada 24 jam terakhir.

Ini adalah rekor dua hari berturut-turut. Rabu, Malaysia mencatat 6. 075 kasus  baru, tertinggi semenjak Januari 2021.


Kementerian Kesehatan Malaysia merinci negara bagian Selangor masih penyumbang kasus terbanyak, 2. 277. Disusul Kuala Lendut 655 kasus dan Johor 615 kasus.

Kenaikan kasus di Malaysia telah dimulai sejak rata-rata April. Otoritas kesehatan dalam beberapa hari terakhir sudah menghimbau anggota masyarakat untuk tinggal di rumah & meminimalkan aktivitas yang tidak penting.

Malaysia sendiri sudah menerapkan penguncian alias lockdown dengan gerakan perintah control pergerakan (MCO) secara nasional, dari 12 Mei had 7 Juni 2021. Tetapi meski larangan bepergian lintas distrik dan negara bagian berlaku, kegiatan ekonomi bisa dilakukan.

Sementara itu pada hari itu, media lokal melaporkan kalau Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin akan memimpin pertemuan Jumat (21/5/2021). Ini buat memutuskan kemungkinan ” full lockdown ” Malaysia secara nasional.

Ini merujuk dalam MCO yang pertama kala dilakukan Malaysia Maret 2020 kala corona pertama kala masuk negara itu. Berbeda dari MCO kini, Malaysia saat itu benar-benar menutup wilayahnya dengan tak mengizinkan kegiatan non urgent dilakukan.

“Ini termasuk kemungkinan penerapan ‘penguncian penuh’, seperti MCO mula-mula yang diterapkan pada Maret 2020, ” tulis jalan lokal, mengutip salah utama pejabat di sekretariat PM, Takiyuddin Hassan.

Malaysia telah melaksanakan tiga kali MCO sepanjang pandemi. Selain Maret, MCO dilakukan Januari 2021 & Mei ini.

Dari data Worldometers , Malaysia mencatat total 485. 496 peristiwa corona dengan 2. 040 kematian. Total kasus rajin saat ini adalah 47. 340.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)