Menkes Terawan Ungkap Orang Pertama dengan Dapat Vaksin Corona

Menkes Terawan Ungkap Orang Pertama dengan Dapat Vaksin Corona

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah sedang berusaha segera mungkin untuk  mendatangkan vaksin Covid-19 dan memulai program vaksinasi. Langsung siapa orang pertama yang hendak disuntikkan vaksin?

Gajah Kesehatan Terawan Agus Putranto mengucapkan prioritas vaksin akan diberikan kepada garda terdepan yaitu seluruh gaya medis dan seluruh masyarakat dengan bekerja pada fasilitas medis.

“Berikutnya bakal diberikan kepada masyarakat dengan bagian high risk, yaitu pekerja dalam usia 18-59 tahun, ” ujar Terawan seperti dikutip dari situs Kemenkominves, Kamis (1/10/2020).


Hingga saat ini, menurut Menkes Terawan,   kebutuhan vaksinasi mencapai 320 juta dosis. Penyediaan vaksin ini dilakukan bersama dengan Departemen Luar Negeri, Kementerian BUMN, Besar BOPM, serta Kepala BNPB.

Dijelaskan oleh Wakil Gajah BUMN Budi Gunadi Sadikin, masa ini kapasitas penyimpanan vaksin yang dimiliki oleh BUMN mencapai 123 juta vaksin. Oleh karena itu, sedang dilakukan kerja sama antar lembaga BUMN, khususnya oleh Bio Farma dan Kimia Farma jadi produsen obat, dalam pengadaan  Cold Chain Equipment Inventory  hingga memuat 300 juta vaksin.

Pengadaan  Cold Chain  disiapkan untuk datangnya vaksin dari berbagai negeri yang telah membantu Indonesia di dalam pengadaan vaksin tersebut.

Informasi saja, saat ini Indonesia sudah mendapatkan komitmen pengadaan vaksin dari Sinovac Biotech dan G42 dari Abu Dhabi. Pemerintah selalu gencar mendekati dan menjajaki kegiatan sama dengan perusahaan vaksin yang lain.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)