Please, Negara Kaya Jangan Blokade Vaksin Corona

Please, Negara Kaya Jangan Blokade Vaksin Corona

Jakarta, CNBC Indonesia – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan bahwa negara2 kaya harus mengakhiri ‘nasionalisme’ vaksin. Ini ditujukan kepada negara dengan menyimpan vaksin untuk diri itu sendiri. 


Tedros memperingatkan bahwa jika ada negara melakukan itu maka mustahil corona hilang. Pasalnya negara-negara miskin sedang terinfeksi corona.


Menurutnya, kehancuran akibat pandemi ini bisa berkurang jika negeri2 yang memiliki dana turut berkomitmen untuk kepentingan bersama. Sehingga penyaluran vaksin bisa merata.

“(Bertindak) secara strategis dan global sebenarnya adalah kepentingan nasional per negara, tidak ada yang tenteram sampai semua orang aman, ” katanya dalam konferensi virtual yang menyerukan diakhirinya nasionalisme vaksin, dikutip Rabu (19/8/2020).

Mengutip Channel New Asia , ia mengutarakan bahwa telah mengirim surat pada semua anggota WHO dan meminta mereka untuk bergabung dalam upaya vaksin bersama, COVAX. Sejumlah negara kaya seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang memang sudah mem- booking sejumlah vaksin milik perusahaan biokteknologi terkemuka meski belum terbukti 100% manjur mengikhtiarkan corona.

Hampir segenap negara di dunia terinfeksi corona. Dari awal menyebar Desember 2019 lalu, saat ini sudah ada 22 juta warga dunia terinfeksi corona, dengan 700 ribu lebih pasien meninggal.



[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)