Rest In Peace Artidjo Alkostar, Sang Algojo Para Koruptor

Jakarta, CNBC Indonesia – Anggota Dewan Pengawas  Komisi Pemberantasan Korupsi Artidjo Alkostar wafat pada Minggu (28/2/2021) siang. Artidjo wafat pada usia 71 tahun akibat komplikasi penyakit yang diderita.

Menurut rencana, jenazah eks Ketua Agung itu akan dimakamkan di makam keluarga tinggi Universitas Islam Indonesia, Tanah air Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (1/3/2021) pukul 10. 00 WIB.

Tak ayal, kepergian Artidjo menyisakan duka mendalam untuk banyak orang, tak terkecuali Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Melalui akun Twitter resminya, Mahfud menilai Indonesia kehilangan tokoh penegak patokan yang penuh integritas.

“Artidjo Alkostar merupakan Hakim Agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor. Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan back up politik. Dulu almarhumah adalah dosen di Fakultas Hukum UII Yogyakarta yang juga jadi pengacara. Selama jadi pengacara dikenal setia, ” tulis Mahfud.

Mahfud mengungkapkan, dalam 1978, Artidjo merupakan dosennya di FH UII. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut pun menyebut Artidjo telah menginspirasinya menjadi dosen sekaligus aktivis penegakan hukum & demokrasi.

“Pada 1990/1991 saya dan Akang Artidjo sama-sama pernah menjadi visiting scholar (academic researcher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar, ” tulis Mahfud.

[Gambas:Twitter]