Terbaru! Pendaftaran CPNS di Sibak Mei

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah balik membuka lowongan Calon Aparat Sipil (CPNS) tahun tersebut. Pendaftaran di mulai Mei mendatang.

Sebelumnya pendaftaran di rencanakan pada buka pada April. Namun karena masih menunggu petunjuk formasi dari Kementerian dan Lembaga, maka diputuskan Mei mendatang.

“Pendaftaran CPNS bulan Mei-Juni, ” ujar Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/3/2021).


Menurutnya, pembukaan pendaftaran ini baik untuk CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru maupun PPPK instruktur.

Pengumuman sah akan segera dilakukan setelah penyusunan data selesai. Zaman ini masih menyusun detai formasi yang dibutuhkan KL.

“Datanya detailnya masih disusun. Dalam waktu dekat akan diumumkan, ” kata dia.

Setidaknya untuk tahun itu Pemerintah akan membuka sekitar 1, 3 juta gaya.

Berikut rinciannya:

1. satu juta guru PPPK melalaikan skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (untuk Pemda)

2. Untuk Pemda (diluar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang berisi dari, 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

3. Untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persentase 50% PPPK serta 50% CPNS.

[Gambas:Video CNBC]
(mij/mij)