WhatsApp GB dan WA Modifikasi yang Berbahaya Bagi Ponsel Kamu

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada sejumlah WhatsApp kloningan alias modifikasi (WA Mod) yang beredar di dunia maya saat ini. Salah satunya GB WhatsApp, menawarkan banyak pengalaman baru yang tidak ada di aplikasi resminya.

Sebagai informasi aplikasi-aplikasi itu bukan berasal dari aplikasi resmi dari WhatsApp maupun Facebook, namun dikembangkan pihak ketiga dan tidak akan ditemukan dalam toko resmi seperti Play Store.

Karena bukan dari aplikasi resmi, WA Mod dapat membahayakan data dan privasi pengguna. Sumber aslinya tidak dapat dipercaya hingga bisa membawa virus dan malware yang membahayakan ponsel pengguna.


Bahkan pihak WhatsApp mengeluarkan tindakan tegas aplikasi kloningan ini. Perusahaan tak segan untuk memblokir akun penggunanya yang ketahuan menggunakan WA Mod.

Selain itu WhatsApp resmi diketahui menggunakan fitur keamanan end-to-end encryption yang memastikan percakapan dalam aplikasi tidak dibaca selain pengirim dan penerima pesan. Namun aplikasi WA Mod tidak menggunakannya, dan ada potensi pertukaran pesan di dalamnya bisa diintip oleh pihak lain.

Lalu apa yang membuat WA Mod menarik perhatian? Karena aplikasi tersebut mengeluarkan banyak fitur yang tidak ada di aplikasi resminya.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal WA Mod, berikut daftar aplikasi tersebut, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021):

1. GB WhatsApp

GB WhatsApp menawarkan banyak fitur yang belum tersedia di aplikasi resminya. Salah satunya adalah dua akun dalam satu perangkat yang sama, padahal hingga saat ini WhatsApp hanya bisa menggunakan satu akun pada satu perangkat saja.

Selain itu menyembunyikan tanda pesan setelah dibaca, mengirim gambar dengan resolusi tinggi, fitur balasan pesan otomatis, serta lebih banyak karakter untuk pembaruan status.

2. Yo WhatsApp

Ada juga Yo WhatsApp yang dikembangkan oleh Yousef Al-Basha. Namun dia hanya mengembangkannya sebentar saja dan akhirnya diahlikan kepada Fouad Mokdad, yang mengembangkan aplikasi FM WhatsApp.

Yo WhatsApp menawarkan berbagai fitur seperti dapat menggunakan tiga akun sekaligus dalam satu aplikasi. Selain itu ada juga kemampuan mengirimkan video berukuran 100 MB serta tidak menampilkan status online.

3. WhatsApp Plus

Melansir laman Lifewire, pengguna WhatsApp Plus bisa mengganti warna, huruf, dan tema WhatsApp. Selain itu bisa menonaktifkan panggilan suara serta menyembunyikan gambar profil, dukungan hingga 4 akun, serta menghapus pesan yang dikirimkan.

Lifewire juga menuliskan bahaya WhatsApp Plus seperti tidak aman dan dapat dilarang pihak WhatsApp resmi karena menggunakannya. Serta bahaya lainnya adalah peng-install-an yang rumit dari aplikasi standar dan dukungan aplikasi bisa berhenti kapan saja karena tidak resmi.

4. Blue WhatsApp

Dalam laman resminya, Blue WhatsApp mengakui sebagai aplikasi modifikasi dari platform aslinya. Dengan Blue WhatsApp Plus dapat membuat pengguna memodifikasi warna dan tema dari aplikasi.

Pengguna juga bisa menggunakan internet di ponsel dengan semua aplikasi kecuali WhatsApp jadi tidak akan ada yang mengganggu, menutup obrolan dengan kata rahasia, menyesuaikan privasi untuk tiap obrolan atau secara umum. Selain itu juga bisa melihat chat yang dihapus dan mencegah pesan dihapus dan menerima pemberitahuan jika ada yang menghapus pesan.

WhatsApp Plus juga menyediakan fitur nonaktif panggilan suara. Serta juga terdapat kemampuan melakukan penjadwalan untuk mengirim pesan.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/roy)